Alasan Seorang Wanita Melakukan Aborsi

Aborsi memang identik dengan sesuatu hal yang kurang baik. Karena aborsi merupakan hal yang sangat sensitif. Bahkan, beberapa hukum di negera dan agama beranggapan bahwa aborsi suatu tindakan kejahatan. Aborsi memang belum disahkan secara umum di Indonesia, tetapi praktek aborsi sudah tersebar luas. Tetapi, ada pengecualian apabila aborsi dilakukan karena alasan medis. Karena, apabila tidak segera ditindak akan mengancam nyawa seorang ibu. Berikut adalah beberapa alasan medis mengapa seorang wanita harus segera dilakukan tindakan aborsi.

  1. Beberapa kasus medis menemukan bahwa ada beberapa wanita yang mengalami kerusakan atau kelainan pada organ reproduksi sehingga berbahaya bagi janin.
  2. Kelainan genetik yang menyebabkan kelainan pada anak setelah lahir. Kelainan genetik ini dapat diketahui dengan bantuan tes darah.
  3. Pertumbuhan janin juga bisa membahayakan kesehatan ibu yang membawanya bahkan bisa mengancam nyawa.
  4. Jika seorang wanita menderita penyakit seperti penyakit jantung, AIDS atau penyakit menular seksual.

Penjelasan tersebut adalah beberapa alasan medis seorang wanita harus melakukan aborsi, Tetapi ada juga alasan non medis wanita melakukan aborsi, yaitu :

 

  • Kehamilan Remaja

Hal ini yang menyebabkan timbulnya anggapan bahwa aborsi adalah sesuatu yang buruk. Hubungan intim yang dilakukan oleh anak usia remaja dan menyebabkan kehamilan semakin marak terjadi. Sehingga aborsi juga semakin banyak terjadi.

 

  • Tekanan Keuangan

Beberapa pasangan tak mampu memenuhi kebutuhan anak. Terutama jika kehamilan ini merupakan kehamilan yang tidak direncakan. Jika tidak ada calon orang tua yang akan menampung sang anak maka pilihan yang dilakukan adalah menggunakan cara aborsi.

 

  • Kasus Pemerkosaan

Salah satu peristiwa yang paling ditakuti oleh wanita tentunya adalah pemerkosaan. Terutama, jika terjadi kehamilan akibat hal tersebut. Cara satu-satunya untuk keluar dari melahirkan anak yang tidak diinginkan adalah aborsi.

Demikian beberapa alasan seorang wanita melakukan aborsi mulai dari segi medis dan non medis. Intinya, Aborsi boleh saja dilakukan asalkan alasannya karena bisa mengancam nyawa seorang wanita apabila tidak segera dilakukan tindakan dan disarankan untuk dilakukan oleh dokter yang ahli dan berpengalaman.

 

 

Baca Artikel : Percayakan Kepada Dokter Spesialis Spog

Category
Tags
No Tag

No responses yet

    Leave a Reply

    × Chat Via WA